19- Bicara Saya Dengan Encik Guru Siti Fatimah


Aku Dan Dunia Facebook
rahmanwahyu
February 18, 2011 at 8:26 pm #
. . Kebetulan kita sama. Begitu punya modem yang bisa mengakses dunia maya,saya lebih tertarik bagaimana bisa belajar punya blog. Facebook yang dengar2 katanya punya banyak daya tarik, tidak sampai membuat saya pernah hadir di sana. Boleh jadi karena tidak kenal maka tak sayang.
. . Seperti tidak menjadi perokok, sekali coba dan timbul rasa mual; membuat saya tidak sampai ketagihan dibuatnya.

Begitu juga, cuman dengar banyak yang teler/mabuk kepayang dibuatnya membuat saya tidak sampai coba-coba masuk ke dunia facebookholic sana.
. . Salam, rasanya saya mulai menyenangi tulisan2nya walau ada sedikit kendala bahasa. Kerana bahasa melayu kita beda beda tipis. Hahaha, becanda

SITI FATIMAH AHMAD
February 18, 2011 at 10:09 pm #
Saudara RahmanWahyu…
Iya, kita sama tapi tidak serupa.
. . Menurut saya, saudara Wahyu lebih bijak berbanding saya kerana mampu mengawal diri dari terjebak memasuk gerbang FB. Salut untuk kepintaran dalam menyingkir banyak godaan FB dan rokok.
. . Sebaiknya jangan mencoba. kebiasaan pada cobaan-cobaan itulah yang melarut untuk mencapai keinginan merasai dan meronda ke dalamnya. Akhirnya akan menjebak diri. Subhanallah, kita masih mampu memikirkan kebaikan kerana sekelumit iman di dada yang masih berbaki untuk mengimbangi segala perkara yang meracun jiwa.
. . Terima kasih untuk apresiasinya dan komentar berbobot. Senang mengetahui buah fikiran yang bernas dari saudara. mudahan tulisan saya bisa dimanfaatkan.
. . Salam kenal dan mesra dari saya.

###################################################
DIRGAHAYU RI Ke 65
rahmanwahyu
February 19, 2011 at 5:19 pm #
. . Terima kasih atas ucapan selamatnya yang bersahabat sesama bangsa serumpun.
. . Sebagai warga dua negara yang bertetangga alangkah sejuknya kita bila saling menghargai perbedaan dan mencoba terus tidak terprovokasi ulah dan isue tidak bertanggung jawab yang bisa meretakkan hubungan sesama kita.
. . Kita berharap ada satu penyelesaian yang baik dan terbaik yang mengedepankan ukhuwah silaturahim antara ke dua anak-anak bangsa.
. . Salam persatuan saudara serumpun, semoga bisa lebih baik dari itu: . . . Salam persaudaraan sesama insan dunia.
. . Ya Rabb, simpulkan hati kami dalam ikatan persaudaraan Bani Adam serta jauhkan dari permusuhan dan perseteruan yang bisa membawa petaka.

SITI FATIMAH AHMAD
February 19, 2011 at 6:20 pm #
. . Terima kasih kembali saudara RahmanWahyu atas komentar berbobot yang tentunya ditulis dengan ilmu bukan dengan rasa. penulisan berlandaskan ilmu bisa menapis segala keburukan fikiran dan mencari kejernihan jiwa dalam memikirkan maslahah ummah.
. . Islam hadir di muka bumi adalah untuk menyatukan semangat persaudaraan sesama manusia, lagi-lagi yang seagama dan bersaudara. . . . . Tentu kewajiban atas mereka untuk saling bantu membantu dan menjauhi permusuhan. Semoga doa dan harapan yang kita semua kehendaki dalam mencari penyelesaian di pentas politik bisa tercapai dan silaturahmi akan terjalin erat di masa depan.
. . Amiiin… Ya Rabbal’alamiin. Mudahan permusuhan dan persengketaan dapat dihindar dan menyuburkan kebaikan dalam kedamaian antara dua negara.
. . Salam perpaduan dan salam ukhuwwah dari saya.
. . Hidup Malaysia dan Indonesia.

##########################################

3). PROFIL
rahmanwahyu
February 19, 2011 at 4:54 pm #
. . Terima kasih telah datang dan berbagi pencerahan di ruang blog saya.
Senang bisa menyimak perjalanan karir dan pengabdiannya dalam dunia pendidikan.
. . Andaikan dengan mendidik yang baik itu bisa jadi batu pijakan bagi generasi sesudah kita alangkah lebih bermaknanya hidup ini. Kita perlu bahkan telah menatanya dengan baik, dan berharap orang lain akan melakukan hal yang sama kepada anak kita dan sanak famili kita. Karena memang kita tidak selamanya mampu merengkuh dunia mereka dan berharap ada orang lain menggantikan peran kita.
. . Salam hangat!

SITI FATIMAH AHMAD
February 19, 2011 at 5:29 pm #
. . Alhamdulillah, Terima kasih mas RahmanWahyu kerana betah berkomentar lagi di sini. Senang dengan kunjungan dan apresiasi dari mas. Mudahan banyak manfaat bisa diperolehi dalam pertukaran ide2 di masa depan.
. . Jika asas pendidikan yang diterima oleh anak2 melalui guru yang digelar “guru sebenar guru’ tentu anak2 ini bisa mencapai martabat kemanusiaan mereka sebagai hamba Allah dan tahu akan kewajiban menuntut ilmu.
. . Guru dan ibu bapa haruslah bersepadu dalam menjayakan proses pendidikan agar wujud sikap saling hormat menghormati dan kasih sayang.
. . Salam hangat kembali dari saya di Sarikei, Sarawak.

rahmanwahyu
February 19, 2011 at 10:20 pm #
. . Terima kasih telah “berbalas pantun” atas setiap komentar saya yang datang di sini.
. . Hanya kalau boleh meminta demi kenyamanan perasaan, setiap cakap saya di setiap postingan sini tidak harus menjadi kewajiban bagi Mbak untuk segera menanggapinya.
. . Saya hanya merasa senang saja menyimak satu persatu tulisan dan buah fikir Mbak, dan tak terelakkan untuk meninggalkan jejak(komentar) di situ.
. . Semoga ini tidak sampai merepotkan, olehnya kalau tidak berkenan tolong diabaikan saja.
. . Salam !

SITI FATIMAH AHMAD
February 19, 2011 at 10:34 pm #
. . Salam hormat saudara RahmanWahyu…
. . Hehehe… maaf mas, saya harus ketawa dulu nih. Subhanallah, inilah pertama kalinya di blog baru ini, saya diminta jangan menanggapi komentar dari tetamu saya.
. . Hehehehe.. sekali lagi ketawa nih mas, kok membalas komentar disamakan dengan berbalas pantun. Pusing nih.
. . Terima kasih ya sudah menyarankan apa yang dimaksud di atas. Saya menghargainya. Namun demikian, sebagai tuan rumah blog ini, saya harus menghargai tetamu saya dengan “hadiah ilmu” yang dikongsikan.
Masa kan saya harus memandang sepi setiap kebaikan yang telah Allah hadirkan di ruang ilmu saya. Alhamdulillah, saya tidak pernah merasa repot untuk membaca dan membalas komentar sahabat tamu saya. malah dengan senang hati saya membaas semuanya kerana itu sahaja caranya untuk saya dapat berbicara dengan sahabat saya. Maaf ya mas, permohonan mas itu saya bantah dan tidak diterima. Titik.
. . Kebiasaan saya, akan membalas semua komentar yang hadir walau hanya bertanya khabar sahaja. Saya sudah dididik dan mendidik diri untuk membalas semua kebaikan walau hanya satu ayat kerana setiap yang hadir dalam kehidupan kita ada hikmah yang Allah datangkan. . . . . . . Mohon juga mas menerima kebaikan dari saya walau hanya sekadar membalas komentar.
. . Salam damai dan harmoni dari saya.

rahmanwahyu
February 20, 2011 at 8:35 pm #
. . Terima kasih atas ketulusannya tidak mengabulkan ‘permintaan’ saya.
Saya hanya terbawa perasaan tidak ingin merepotkan orang lain kalau kehadiran saya di ruangnya sudah lebih/luber dari yang dibutuhkannya.
. . Jadi cuma seperti itu, tidak bermaksud menyinggung perasaan Mbak Siti.
. . Senang sekali bisa mengenal Mbak yang bahasanya santun, bijak dan sangat menghargai setiap sapaan yang datang.
. . Saya saja yang tidak bisa mem’baca’nya dengan baik sebelum ini.
Makanya agar jangan terlalu merepotkan Mbak dengan keseringan datang dengan komentarnya di sini, saya sampai mencari-cari lagi blogger lain agar antusias saya suka bertukar pikiran dengan siapa saja bisa terbagi. Jadi tidak sampai menyita waktu Mbak Siti; yang porsinya juga harus menyantuni sapaan yang datang dari tamu pengunjung lain.
. . Saya baru ketemu dua tiga orang yang enak juga diajak bertukar bahkan berbeda pendapat.
. . Berbeda pendapat? Saya sangat menghargainya. Karena banyak kata seia mufakat muncul dari sebelumnya beda pendapat. Mudah saja sepanjang kita tidak berprinsip: “Sekali Berbeda. Berbeda Terus”.
. . Kalau pun kita tidak bisa sampai mufakat tak perlu juga dipaksakan.
Kita hanya perlu sepakat saja untuk tidak mufakat. Jalan-jalan dulu ke mana-mana. Bukan tidak mungkin sekali waktu kita bersua lalu berhai-hai apa kabar, ternyata kamu benar pendapat saya yang salah. Atau sebaliknya: saya yang salah kamu ternyata yang benar. Eiit keliru ya? . . . . Tepatnya saya ‘mungkin’ yang benar (dengan data dan fakta yang saya temukan) dan pendapat kamu ‘agak’nya kurang tepat. Bisa dikoreksi jangan lagi-lagi saya salah?
. . Ah, seandainya perbedaan selalu disantuni dengan sikap dan cara seperti ini, betapa damai hidup ini.
. . Bukankah begitu, Mbak Siti? Eh dari tadi Mbak masih mendengar bicara saya?

SITI FATIMAH AHMAD
February 21, 2011 at 1:33 pm #
. . Salam takzim saudara Rahman Wahyu…
. . Alhamdulillah, terima kasih kerana menerima bantahan saya dengan hati terbuka. Satu hal yang bagus dalam mencari permuafakatan kerana alasannya diterima secara logika.
. . Hehehehe… iya, saya membaca tulisan mas Rahman sambil mendengar dengan mata hati dan berhati-hati untuk memahami agar apa yang saya baca tidak tersasar dari maksud yang mas mahu bicarakan.
. . Senang mendapat sahabat baru yang suka menulis dan memerihal perkara yang boleh menjana idea dan mencernakan fikiran. Membaca apa yang ditulis oleh tuan blog banyak memberi ruang untuk kita berfikir dan bisa menulis sesuatu yang belum terfikir muncul di minda kita.
. . Oleh demikian, persoalan2 mungkin banyak muncul terhasil dari tulisan yang kita baca lalu menulis komentar tentangnya. Saya suka kalau tulisan saya diberi kritikan membina dari sahabat blogger. hal ini bukan sahaja membuka ruang perdebatan yang sehat malah meningkatkan ilmu pengetahuan kepada cara fikir orang lain.
. . Sepakat atau tidak bukan halangan besar untuk mencapai maksud kebaikan. Dalam Islam, perselisihan ummah dalam membicara sesuatu hukum/perkara adalah rahmah. Kita diajar oleh Rasul SAW untuk berdebat dengan cara hikmah dan mau’izatul hasanah.

. . Silakan mas Rahman untuk selalu berkomentar di sini, saya senang menerima buah fikiran yang boleh dikongsikan untuk kebaikan bersama dalam mencari kebenaran ilmu. Semoga Allah memberi kemudahan dalam memahami ilmu yang dibicarakan.
. . Salam mesra dari saya.

rahmanwahyu
February 22, 2011 at 11:40 pm #
. . Hanya sekedar mau bilang bahwa komentar Mbak sudah saya tanggapi di:

RW 49. “Berikan Mereka Kesempatan Bermain”


. .Jika berkenan bisa nimbrung dengan diskusi saya dengan Bapak Teguh Sasmito di:
http://teguhsasmitosdp1.wordpress.com/2011/02/18/2342/#comment-2137
. .Saya ingin dapatkan pikiran pembanding dari Ibu Guru yang baik dan pintar, biar memperkaya khasanah saya tentang hal yang sama kita diskusikan di sini.

SITI FATIMAH AHMAD
February 23, 2011 at 3:45 pm #
. . Salam takzim saudara Rahman Wahyu…
. . Terima kasih sudah memaklumi saya. Saya senang mengetahuinya.
saya sudah ke blognya mas teguh dan saya senang membaca perbahasan yang kalian bincangkan di sana. Kehebatan dua guru yang kompeten dalam bidang masing2 cukup memberi banyak manfaat kepada saya dan saya salut atas kemampuan kalian berdua membincangkan banyak isu pendidikan secara ilmiah. sangat berbobot sekali, menurut saya.

Semoga mendapat kebaikan dari Allah atas usaha yang cuba diketengahkan. salam ceria selalu.
#########################################
4). MENGAPA GURU TIDAK CEMERLANG

CT16. MENGAPA GURU TIDAK CEMERLANG ?


rahmanwahyu
February 21, 2011 at 10:05 pm #
. . Sayangnya tidak semua anak didik beruntung mendapat binaan dari guru yang seidealis di atas.
. . Seperti kata Mbak, tidak semua guru pandai mengajar.
Sedihnya: “tidak semua” tersebut lebih dominan dalam wajah buram dunia pendidikan kita. Karena saya sependapat bahwa ‘keberhasilan’ dalam pengajaran jangan dilihat dari dua tiga anak yang menonjol. Boleh jadi mereka itu memang sudah dari ‘sono’nya(sebelumnya) sudah pintar. Yang perlu kita pertanyakan ada apa dengan sekian murid kurang dari dua tiga anak tadi.
. . Menurut saya apakah mereka benar-benar menikmati dunia sekolah mereka, bukan karena di usianya tersebut mereka hanya harus sekolah. Karena ada di sekolah mereka harus belajar. Karena lagi belajar, harus ada yang jadi materi belajar. Karena materinya ada, harus dikuasai, diingat dan dihapal setengah mati semusim di saat mendekati ujian.
. . Lantas yang mana belajar sesuai dengan kebutuhan yang mereka rasakan. Bahwa belajar itu sesuatu yang mereka lihat relevansinya di luar, rasakan manfaat dan kegunaannya ‘di sini dan saat ini’. Taruhlah agak jauh ke depan. Kapan?
. . Saya pernah dianggap murid pintar sewaktu SD dan SMP karena jago menghapal dan mengingat rumus dan definisi teori ini dan teori itu, hapal tanggal lahir/wafatnya tokoh ini dan pahlawan itu. Setelah itu saya tidak menemukan dialektika pengajaran itu di tengah kenyataan persoalan yang saya hadapi kini.
. . Sesungguhnya saya tidak menyalahkan guru dalam perspektif ini. Orang tua saya juga dua-duanya guru. Saya juga guru bagi anak-anak saya, adik saya juga guru SMP. Hanya kalau saja guru tidak salah, apatah lagi sang anak didik. Dalam dunia pendidikan otoritas lebih pada sang guru dan pemegang daulat kebijakan pendidikan(pemerintah).
. . Bagi saya kenyataan(gambaran di atas) tidak salah secara kausalitas/sebab akibat. Ada banyak hal selain faktor guru yang perlu kita telaah, telah mewarnai dan menentukan seperti apa dan ke arah mana kiblat pendidikan kita bawa dan jalani.
. . Maaf saya sepertinya telah mengobok-ngobok citra pendidikan dengan bicara ngawur seperti ini.
. . Saya hanya sedang berbicara dalam keprihatinan. Maafkan saya kalau banyak bicara saya kurang berkenan.
. . Salam berbagi keprihatinan.

SITI FATIMAH AHMAD
February 22, 2011 at 11:57 am #
. . Hai mas Rahman Wahyu…
. . Alhamdulillah, senang mendapat maklum balas berbobot dari seorang sahabat guru yang sudi menjentik minda untuk berkongsi ide bernas dan menarik di posting ini. Setiap buah fikir mas Rahman saya terima dengan hati terbuka.
. . Jujurnya, saya sepakat dengan apa yang dibicarakan oleh mas Rahman di atas. Namun demikian, saya ingin membetulkan sedikit pendapat mas yang mungkin menurut saya kurang berkenan iaitu tentang “binaan idealitas” dari guru di atas.

. . Menurut saya, 4 ciri guru di atas kalau dipositifkan menjadi pandai mengajar, pandai menguasai, pandai berlakon dan kreatif bukanlah menunjukkan satu hal yang idealitas tetapi keperluan yang seharus ada pada diri guru setelah mendapat banyak kemahiran melalui latihan perguruan dan pengalaman yang panjang di medan pendidikan.
. . Di samping faktor lain yang menyumbang kepada ketidakmenjadiannya pelajar kita dalam pelajaran, contohnya: masa di sekolah yang lama sehingga pelajar muak dan bosan, pengaruh media dengan pelbagai aneka hiburan terutama pengaruh hegemoni barat yang semakin global turut memberi kesan kepada emosi dan tingkah guru yang ada sebahagian mereka “bukan guru sebenar guru” lalu menjadi alasan bahawa faktor luaran banyak mempengaruhi berjaya atau tidak pelajar tersebut.
. . Saya tentunya tidak bersetuju kalau semua guru dipersalahkan dengan telunjuk oleh banyak pihak. tetapi, tidak kita nafikan, ramai guru yang tidak berminat jadi guru kerana kekuatan jiwa dan emosinya tiak mantap. Kenapa mereka jadi guru, tidak tertanam teguh di jiwa.
. . Hasilnya, ramai mahu jadi guru kerana “upah” yang lumayan (gaji guru di Malaysia sangat tinggi dan boleh menjangkau RM3000 untuk yang baru mengajar -guru pemula – terutama di kawasan pedalaman). tapi apa yang berlaku, ramai anak didik tidak juga cemerlang. kenapa, mahu salahkan siapa agaknya ya ?
. . Senang mengetahui keluarga mas Rahman terdiri dari para guru, semoga usaha yang ditaburkan kepada anak didik bisa menghasilkan kejayaan yang mampu membangun jiwa soleh dan insan kamil yang bersifat ulul-albab.
. . Keluarga saya juga kebanyakannya terdiri dari guru. Dua bapa saudara saya adalah tokoh guru. Seorang mendapat anugerah tokoh guru negeri Sarawak dan seorang lagi mendapat 2 anugerah iaitu tokoh guru negeri Sarawak dan tokoh guru kebangsaan Malaysia.
. . Semoga kita bisa menjadi guru teladan buat anak didik kita sebagaimana Rasulullah SAW menjadi guru teladan buat ummahnya.
. . Salam persahabatan guru dari saya.

rahmanwahyu
February 23, 2011 at 9:17 pm #
. . Assalamu Alaikum War. Wab!
. . Salam hangat Bunda Guru Siti>
. . Kalau empat ciri guru yang dimaksud bunda guru adalah syarat yang dibutuhkan, baguslah kalau syarat itu bisa terpenuhi barulah seorang guru tampil berdiri di hadapan murid-muridnya.
. . Tapi sekian fakta mungkin berbicara lain, ketika syarat itu tidak dimutlakkan, kita jadi menganggapnya sebagai sesuatu yang ideal bila salah satu duanya minimal dipenuhi sang guru.
. . Seperti halnya peran orang tua sebagai guru bagi anak-anaknya, peran ini tidak disyaratkan terpenuhi lebih dahulu baru seseorang bisa menjadi orang tua.
. . Ketika seseorang menikah kadang tidak menuntut tahu dulu kewajiban barulah boleh melangkah kejenjang ini. Karena telah kawin dan nantinya punya anak, terkadang tidak menunggu dulu seseorang tahu mendidik anak barulah sang jabang bayi hadir lalu memanggil kita bapak dan emak.
Realitas persoalan kelayakan guru dan anak didik kerap tidak jauh dari kesenjangan ini.
Padahal profesi guru lahir dari suatu proses pendidikan formal dan syarat format birokrasi yang seharusnya seideal mungkin.
. . Karena di pundak mereka nanti kelemahan dan ketidakmampuan orang tua sebagai guru kodrati mendapatkan kepercayaan untuk disempurnakan. Karena guru adalah orangtua kedua bagi anak selepas dari pendidikan informal keluarga.
. . Sampai di sini dulu, ya? Ditunggu kapan-kapan tanggapannya.
Jika berkenan, baca juga kamus pengertian dari saya di:

RW 50. “SAYA TETAP ADA DI BULAN INI”


MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang
MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang
MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
rahayux dtfajar,
akun dtf word[ress
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.aya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.
saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

SITI FATIMAH AHMAD
February 24, 2011 at 9:30 pm #
. . Wa’alaikum salaam wr.wb. saudara Rahman Wahyu…
. . Terima kasih kembali hadir untuk penerangan seterusnya. Sebelum itu, saya lebih senang kalau mas Rahman menulis nama saya dengan mbak Siti, kerana itu tidak menampakkan sifat formal dalam dunia penulisan ini dan bisa mendekatkan perbincangan.
. . Benar seperti hujah mas Rahman di atas, idelitas apapun hanya sebuah teori yang belum tentu berjaya jika tidak diamalkan. Kejayaan guru dalam mendidik anak2 tidak semestinya melalui ciri2 tersebut. Murid yang berkualiti terhasil dari gurunya yang berkualiti. hadirnya kualiti guru tersebut pastinya berasal dari niat yang benar mahu jadi guru.

. . Hanya “Guru Sebenar Guru” yang mampu meredah segala susah payah dunia pendidikan. Sanggup berkorban apa sahaja demi melihat anak didiknya berjaya lebih dari kejayaan yang pernah dia raihkan. Pengorbanan masa, tenaga, harta dan kudratnya dilakukan tanpa rasa jenuh dan lelah. malah dia merasa bahagia dan gembira dapat berbakti dan menjadikan anak muridnya orang berguna.
. . Guru harus sedar, dunia pendidikan bukan sebuah dunia permainan yang boleh melalaikan mereka dari tugas. di sana penuh dengan akauntabiliti yang perlu dipenuhi sebagai satu amanah besar. Anak2 di sekolah adalah ibarat anak mata seribu yang mempunyai bapa atau ibu yang satu.
. . Terima kasih mas atas komentar berbobot yang menjentik minda. Salam hangat kembali dari saya.

#################################################

5). PATAH TUMBUH HILANG BERGANTI

rahmanwahyu
February 22, 2011 at 11:54 am #
. . Berarti ada dunia ceria bunda Siti yang hilang sebelum ini. Seperti apa itu, juga proses hilangnya seperti apa?
Biar jadi pelajaran kita yang lain untuk mengantisipasinya, paling tidak menyimpan arsipnya biar tidak sia-sia kita pernah menggores sesuatu hanya untuk raib.
. . Salam !
Reply
SITI FATIMAH AHMAD
February 22, 2011 at 1:53 pm #
. . Hai mas Rahman…
. . Yaps… sebuah blog yang penuh dengan aroma ilmu bermanfaat yang kini hanya tinggal sejarah kerana berkubur tidak bertanda. hingga kini tidak bisa diselamat dari rekuhan durjana manusia yang sengaja mahu menghilangkannya di bumi maya. banyak juga tulisan yang tidak sempat diselamatkan kerana ia hilang tanpa pesan dan amaran jelas.
. . kehilangan blog itu berpunca dari satu tulisan saya yang berisiko tinggi kerana menyentuh sensiviti fatwa seorang mufti di Malaysia. begitulah dibilang oleh beberapa sahabat blogger yang membantu dalam urusan menjelmakan kembali blog ini tetapi tidak berjaya kerana sudah dikuasa (blocked)dengan memecah password saya beserta dengan email sekali.
. . Ternyata menulis ini punya risiko tersendiri yang harus kita terima sebagai imbalan berada di dunia yang tidak kita ketahui siapa pelaku yang tega memusnakan khazanah fikir manusia tanpa keizinannya. mudahan mereka diberi pengajaran oleh Allah kerana merampok ilmu yang sepatutnya diketahui umum tetai usaha disembunyikan.
. . Demikianlah mas kisah yang terjadi. semuan itu jadi teladan buat saya dan yang lain di kemudian hari.
. . Terima kasih untuk perkongsian dan pertanyaannya.
. . Salam ceria selalu.

###########################################
6). PERGIMU BERSAMA SEJUTA HARUMAN

rahmanwahyu
February 25, 2011 at 10:44 pm #
. . Tak sadar saya kalau Mbak Siti sudah hadir dengan postingan terbaru, yang sangat menyentuh serta menggetarkan nadi dan bulu roma kesadaran saya.
. . Saya seperti menampak Mbak Siti hadir menyaksikan hijrahnya junjungan kita Rasul dan Nabi akhirul zaman pergi menghadap Allah SWT. O ya, Mbak serasa putri Siti Fatimah ra yang menemani ayahandanya.
. . Semoga dengan kisah ini kita diingatkan untuk senantiasa bersujud kepadaNya.
. . Saya sendiri terus berusaha untuk itu, sebagai manusia yang tak luput dari kelalaian tidak menjalankan kewajibannya.
Salam sejahtera !

SITI FATIMAH AHMAD
February 26, 2011 at 10:44 pm #
. . Salam hormat saudara RahmanWahyu…
. . Alhamdulillah, tidak mengapa mas Rahman. Berkunjunglah saat waktu bersahabat. senang menerima kunjungan sahabat yang suka bertukar ide dan hikmah di medan ilmu sederhana ini. Maaf kalau BW (blog walking) nya kurang kerana banyak urusan harus diselesaikan. . . Ketika menulis olahan cerpen ini, saya merujuk banyak buku yang mengisahkan kewafatan Rasulullah melalui hadis sohih dan biografi baginda, juga ahli keluarga baginda seperti biografi Abu Bakar, Umar, Usman, Ali, Siti Fatimah dan Siti Aisyah.

. . Kerana itu rasa kedekatan dapat dirasai sehingga membaca dan menulis kisah kewafatan baginda SAW dibenahi dengan air mata yang tanpa hentinya diakibatkan rasa rindu yang tak tertahan. Mudahan semua kerinduan dari kejauhan ini bisa mendekatkan kita kepada baginda SAW di akhirat nanti. Amiin.
. . Terima kasih mas Rahman untuk kunjungannya.
. . Salam mesra.

teguhsasmitosdp1
February 26, 2011 at 7:54 pm #
. . Maaf Bunda baru bisa berkunjung, terima kasih atas masukan bunda tetang diskusi antara saya dengan pak rahman.
. . Wah,,…meski jauh ternyata bunda sudi untuk menyimak diskusi antara saya dengan pak rahman.
. . Saya bukannya mau mengikuti apa saja dari sebuah kebijakan yang ada tanpa mau menfilter bunda, namun saya juga tidak bisa membiarkan diri saya tertekan dalam sebuah sistem.
. . saya setuju dengan bunda, dan itu pula yang saya rasakan selama ini terhadap sebuah kebijakan. Kalau dipikir saya merasa salah satu korban dari kebijakan yang ada. Dulu ketika saya masih D3, tidak ada penerimaan guru PNS yang berijazah D3. Ketika aturannya ada, batas usia sudah tidak terpenuhi. Akhirnya saya transfer ke S1, setelah S1 lagi-lagi terbentur usia. Ketika usia memenuhi, terbentur dengan aturan pengabdian harus di sekolah negeri. Ketika ada aturan baru bahwa pengabdian di sekolah swasta memenuhi, terbentur lagi SK yayasan tidak berlaku dan harus dibiayai oleh angaran RAPBN, dan ketika massa kerja minimal 5 tahun memenuhi, juga terbentur aturan tidak boleh hanya mengabdi di sekolah swasta. Terakhir ketika dengan ikhlas saya menerima apa adanya untuk mengabdi sebagai guru di sekolah swasta masih terbentur lagi dengan kebijakan pemerintah mengiklankan siswa lulusan SMP agar masuk ke Sekolah kejuruan, sehingga berakibat siswa di sekolah saya jumlah siswanya menurun banyak. Dan entah sampai kapan akan saya rasakan.
. . Dari situlah akhirnya saya harus belajar bersabar, belajar mandiri, belajar menerima, belajar untuk tetap bertahan, dan belajar untuk tidak bergantung pada orang lain. Saya punya anak dan istri yang harus saya nafkahi, Tuhan pasti punya rencana lain. Akhirnya saya memutuskan untuk berbagi apa yang saya miliki, apa yang saya bisa, dan apa yang bisa saya lakukan untuk orang lain. Saya hanya yakin dan haqul yakin, bahwa karya yang saya gratiskan untuk dunia pendidikan, akan diganti oleh Allah 10 kali lipat. Bukan begitu Bunda ?
. . Terima kasih bunda atas masukannya, terima kasih juga telah ikut menyimak diskusi saya denga Pak Rahman.
Salam persahabatan selalu dari Pekalongan

SITI FATIMAH AHMAD
February 27, 2011 at 4:33 pm #
. . Salam hormat Kang Guru, mas Teguh…
. . Alhamdulillah, saya senang membaca diskusi berkeitan pendidikan dan maslahat untuk anak didik. Diskusi antara mas Teguh dan mas Rahman membuka minda saya betapa ramai guru sebenar guru di dunia keguruan yang mencabar ini. Semoga usaha kalian untuk mencapai kesepakatan yang baik akan diberi ganjaran oleh Allah SWT.
. . Membaca kronologi sebuah kebijakan dalam kehidupan pendidikan mas Teguh di atas, menggambarkan satu cabaran yang harus didepani sebagai satu amanah dan keinginan untuk maju lebih jauh dari dahulu. Saya beri 4 jempol untuk usaha jaya mas Teguh itu.

. . Salut ya mas, kekuatan untuk mencari ilmu telah membawa mas Teguh jauh melangkah dalam dunia ilmu pengetahuan. Tidak ramai yang mahu belajar dalam usia yang sudah sangat matang jika tidak punya semangat yang kuat.
. . Insya Allah, segala usaha baik yang mas Teguh untuk membantu anak siswa memahami pelajaran akan diperhatikan Allah dan setiap kejayaan yang dicapai oleh anak siswa menjadi satu amal jariah yang tak pernah berhenti mengalirnya. Subhanallah, begitu sekali balasan dari Allah kepada manusia yang saling bantu membantu untuk kemenjadian insan.
. . Saya doakan mas Teguh selalu mendapat manfaat dari apa yang dilakukan di maya pada ini terutama berkongsi hikmah ilmu secara gratis, yang jarang mahu dilakukan oleh orang lain selain dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dunia semata-mata.
. . Terima kasih kang Guru yang dihormati atas kunjungan yang menyenangkan. Tulisan dan pesannya sangat berbobot tinggi dan saya sangat terkesan membacanya. Makin semangat untuk menjadi guru yang berkualiti dan berkesan untuk siswa pelatih guru di institusi saya. Insya Allah.
. . Salam persahabatan dan mesra dari saya juga

FASIH BICARA
rahmanwahyu
March 16, 2011 at 5:38 pm #
Saya selalu ingin belajar jadi sahabat komunikasi yang baik dan ramah bagi setiap orang.Tak soal siapa pun orangnya. Mau baik, saya dekati; kurang baik dia, saya hanya perlu menjaga jarak. Kalau orangnya tidak baik, paling tidak saya tidak sampai musuhan sama dia.
Seribu kawan itu masih sedikit, satu musuh itu sudah terlalu banyak bagi saya.
Dengan komunikasi yang fasih itu kita bisa menambah yang seribu, mengurangi yang satu tadi.
Salam !
SITI FATIMAH AHMAD
March 16, 2011 at 9:57 pm #

Hai mas RahmanWahyu…
Alhamdulillah, satu sikap yang sepatutnya diamalkan oleh semua orang. Komunikasi baik dan ramah kepada sesiapa sahaja. Baik kawan atau musuh. Inilah amalan Raslullah SAW sehingga baginda SAW disegani dan menjadi teladan. Tidak ada sesiapa yang menafikannya.
Semoga selalu fasih bicara mas. Hal ini membimbing kita untuk tahu berkomunikasi dengan berkesan. Terima kasih untuk kongsiannya.
Salam hormat selalu.

SUBHANALLAH, ENGKAUKAH MUAAZIN ITU?
rahmanwahyu
March 16, 2011 at 5:29 pm #
Sayang sekali, itu bukan saya Mbak.
Rindu ya dengan setiap kali panggilanNya?
Kalau saya suka tersentuh dengan shalawat azannya.
Assalatu Assalamu Alaai….
Mendengar lantunannya, ada rasa kerinduan untuk kembali ke masa lalu, di mana dosa-dosa kita belum sebanyak sekarang ini. Hidup yang asri dan alami dengan kasih sayang sesama, membuat kita tidak banyak alasan bersiteru satu sama lain dan tinggalkan lima waktu menghadapNya.
Semangat ya menulisnya? Saya juga.

SITI FATIMAH AHMAD
March 16, 2011 at 10:31 pm #
Tidak mengapa mas Rahman. Tentu sekali Rey pernah menjadi muazzin di pasantrennya. Sungguh beruntung sekali ya. Semoga menjadi anak soleh dan membanggakan ayahbondanya.
Alhamdulillah, saya selalu menangis saat azan atau ayat al-Quran dari seorang Qari yang saya hormati dan ingat selalu akan kemerduan suaranya walau hanya beberapa saat dikumandangkan. Saya memahami makna dan menghayatinya.
Alunan ayat al-Quran dan azan ini saya pasang di BB saya sebagai teman setiap kali memandu pergi dan balik dari tempat kerja. Hiburan rohani yang menenangkan jiwa dan mengenyangkan. Kalau apa-apa terjadi, alhamdulillah, kembali dengan kebaikan di sisi Allah. Mudah2an.
Sentuhan pada jiwa kita terhadap sesuatu yang bisa menyentuhnya tentu sekali melalui pelbagai jalan keindahannya. Semoga Allah menerima amalan baik kita semua dan mengampunkan dosa2 kita. Lalu ditambah dengan kemuliaan di sisi-Nya. Amiin.
Terima kasih mas Rahman untuk pesan yang baik dan bersemangat untuk menulis dan menulis.
Salam hormat selalu.

Fika Yang Malang
rahmanwahyu
March 17, 2011 at 10:14 pm #
Semoga Fika sayang dapatkan kesembuhannya lewat doa dan amal kebajikan kita.
Terkirim doa dan jelang nanti sedekahnya walau tak seberapa.
Salut untuk encik guru yang menjembatani Fika dengan keperdulian kita.
Salam kebajikan.

SITI FATIMAH AHMAD
March 18, 2011 at 7:44 am #
Amiin… Ya Jalaali wal ikram.
Alhamdulillah, mudahan doa-doa yang kita lampirkan bersama untuk membantu Safika, bisa dikasihani Allah bagi penyembuhannya.
Terima kasih mas atas apresiasinya. Hanya ini sahaja yang bisa saya bantu bagi memanjangkan hasrat sahabat guru, Cikgu Bchree dan isterinya. Semoga segala bantuan yang dihulurkan diberkati Allah SWT.
Salam mesra.

Cinta Dan Cemburu
rahmanwahyu
March 20, 2011 at 8:06 pm #
Semangat terus ya mencemburui keinginan kita untuk selalu berbagi dengan tulisan yang mencerahkan.
Cemburu, untuk hal-hal yang bermanfaat sangat dianjurkan. Cemburu kepada orang lain yang lebih baik amalannya dari kita sebagai pendorong bagi kita untuk berbuat ikhlas ke sesama yang lebih baik lagi.
Cemburu kepada orang yang kita cintai, sebagai tanda kesetiaan bahwa cinta kita tetap bersamanya; dalam suka mau pun duka.
Teruslah berkarya dengan tulisan dan pikiran-pikiran mutiaranya.
Salam dari jauh.

SITI FATIMAH AHMAD
March 20, 2011 at 10:28 pm #
Benar mas Rahman, cemburu yang baik dalam mencapai impian dan kejayaan bisa menjadi roda penggerak kepada destinasi yang diimpikan.
Islam menggalakkan cemburu yang bermanfaat seperti ini. Mudahan dengan membaca tulisan2 orang hebat dalam menulis idea mantap, kita bisa terdorong sama untuk mencari kehebatan dalam berbagi hikmah. Cemburu itu lahir dari satu keinginan untuk memuaskan perasaa.
Mencemburui orang yang dicintai harus dengan sederhana. Terlalu mencintai akan menghasilkan cemburu buta dan hilang keyakinan. Cinta sebegini bisa hilang dalam sedetik akibat timbul kebencian kerana terlalu dicemburukan.
Maka cintailah seseorang yang kamu cintai berklandaskan cinta Ilahi yang suci dan tertinggi. Jika cinta itu berada di bawah naungan-Nya, tiada yang mampu menjernihkan hati melainkan pemberi cinta itu sendiri.
Terima kasih mas Rahman untuk kongsian ilmu berbobot dan menyemangati untuk terus berkarya. Mudahan mutiara2 kata yang ditulis bisa mengubah sebahagian orang yang laparkan sajian katanya.
Salam mesra selalu.

pokok-belacan
rahmanwahyu
March 23, 2011 at 3:43 pm #
Hiks-hiks, ceritanya sangat bernas dan merindu kenangan semasa kecil.
Sayang satu persatu sosok kenangan itu mulai dilerai kemajuan zaman. Zaman ini atas nama perubahan menggiring kita pergi dari sana dan membuat kita tak perlu berpaling. Karena tak ada lagi pokok kenangan tempat kita pernah berteduh di sana.
Seperti kawan dan sahabat, satu-satu datang, satu-satu pergi; kalau kebetulan tak sejalan, tak sehati.
Semoga tidak selamanya begitu, demikian kita harapkan.
Tetaplah dengan goresannya. Biar pun itu sekedar torehan masa lalu, di mana kita semua pernah ada dan hadir di sana dan dari sana.
Salam hangat dan berbagi dari jauh.

SITI FATIMAH AHMAD
March 24, 2011 at 10:36 am #
Hai mas Rahman…
Sebuah kenangan masa kecil yang tidak terlupakan. Walau masa telah berlalu jauh meninggalkannya. Tetapi nostalgia itu tetap terpahat di hati dan memori ini.
Benar mas, pembangunan banyak menghilangkan tempat yang bermakna kepada kita. Sudah banyak perubahan yang dilakukan pada kawasan yang pernah menjadi tempat bermain masa kecil. Dulu kawasannya besar kini semakin kecil dan ada yang langsung sudah hilang dari mata.
Semua itu dilakukan atas alasan membangun penempatan baru dan untuk kebaikan masyarakat setempat pada hal kalau diperhati ada sesetengah kawasan itu tidak mengganggu dan sepatutnya dibiar elok buat tatapan generasi mendatang.
Terima kasih mas Rahman untuk titipan bermakna bagi mengenang masa lalu yang tentunya tidak dipunyai oleh kebanyakan anak-anak kecil masa kini. Dunia sudah beredar moden sehingga masa kanak2 kini turut hilang bersama kemajuan dan sistem pendidikan yang tidak memperi peluang kepada mereka untuk merasai indahnya dunia kanak-kanak ini.
Salam hangat kembali dan senang menerima kunjungan mas Rahman. Harap betah berbagi hikmah di masa mendatang

Tinggalkan komentar