RW 75). Bahkan Ketika sudah Lupa Daratan, Kita Masih bisa Berteriak: “Tolonngg!! Ada yang Karam Di Lautan!!!”


Haah, ada yang tenggelam, Toloonnggg !!! (google gambar)

Haah, ada yang tenggelam, Toloonnggg !!! (google gambar)

(Lanjutan Dari Tulisan Sebelumnya)

. . Hidup kadang tidak mensyaratkan banyak hal kalau hanya ingin menyelamatkan hidup orang lain. Taruhlah itu sekedar teriakan: “toloonnggg, tolonnggg!!!”

. . Seperti ketika kita salah, kita berharap ada kebenaran orang lain yang mampir memperbaikinya. Bahkan dalam keadaan mereka salah, kita masih bisa berharap mereka dengan ’salah’nya bersedia mencegah kita untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

. . Hanya sapu bersih yang bisa membersihkan, itu yang sering kita dengar. Petuah itu tidak salah-salah amat kalau kita bisa memperbaikinya sedikit, sedikit saja. “Dan hanya sapu, yang bisa dipakai menyapu”. Masalahnya kalau sudah semua sapu kotor, atau yang bersih tidak ada, atau tidak didekat situ? Setidaknya sapu kotor tadi masih bisa dipakai membilas kotoran yang lebih kotor.

. . Seorang Roy Marten, artis napi pemakai narkoba silahkan berceramah tentang bahaya mengkonsumsi racun keparat itu bagi dan di hadapan remaja kita, sekali pun sepulangnya dari situ dia kedapatan lagi memakainya di sebuah hotel.

. . Untuk ukuran dia, tingkat kecanduannya sudah tak mampu lagi dia bendung; tapi dia masih mampu berbuat dengan menasehati orang lain untuk tidak berada dalam lingkaran kecanduan tersebut.

. . Munafikkah dia?

. . Saya kira begitu ! Kita coba sependapat.

. . Itu kalau dia menyalahkan orang lain sebagai pemakai, lalu menganggap dirinya benar. Atau bermaksud menghabisi stock ganja senegeri ini, dan orang lain biar tidak kebagian.

Syukur ada yang datang menolong, tak apa saya sendiri masih tenggelam mabuk kepayang (google gambar)

. . Tapi kalau dipikir, dengan belajar dari kesalahannya itu dia ingin menyelamatkan hidup orang lain walau pun dirinya masih dengan kesalahan itu. Dirinya hanya tak mampu lagi memberikan contoh yang benar, mulutnya masih bisa menyuarakan kebenaran itu.

. . Kembali ke laptop: hidup ternyata tidak harus sempurna hanya untuk menolong orang lain. Ketika kita sudah lupa daratan, kita masih bisa berteriak menyelamatkan orang yang sudah mau tenggelam di lautan lepas. Biar cuma selolongan kata: “Toloooonnngggg!!!”

. . A(n)da yang bersedia menolong??
By: Rahman Wahyu

10 responses to this post.

  1. Posted by mintarsih28 on April 29, 2012 at 11:53 pm

    menolong memang baik tetapi jangan seperti lilin yang menerangi sementara dirinya terbakar.

    Balas

    • Dengan menolong kita tidak bermaksud sampai membuat orang itu bergantung kepada kita. Menolong orang lain lebih bagus membuat dia bisa bangkit dari jatuh, dan tidak memapahnya terus menerus.
      Salam kenal🙂

      Balas

    • saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

      Balas

      • Assalamualaikum wr.wb saya sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada AKI SUBALA JATI..atas bantuan AKI kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan..sudah lama saya ikut kerja dikebun kelapa sawit dimalaysia dan gaji tidak seberapa..dan berkat bantuan AKI SUBALA JATI pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu..6734..dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih ya AKI..karna saya cuma bermodalkan uang cuma 100 rb dan akhirnya saya menang..berkat angka GHOIB nya AKI SUBALA JATI..saya ada rencana pulang ke indonesia buka usaha sendiri..dan kini kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya..bagi anda yang ingin mengikuti jejak saya silahkan hubungi..082..318..816..444..AKI SUBALA JATI..ramalan AKI SUBALA JATI meman memiliki ramalan GHOIB..yang dijamin 100% tembus ini asli tampah rekayasa..dan yang punya room terima kasih atas tumpangannya..

        Balas

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Rahman Wahyu…

    Saya lucu dengan ayat perenggan akhir ini.

    . . A(n)da yang bersedia menolong??

    Ternyata sangat kreatif pesanannya. Awal bacaan saya tadi, kurang faham maksud (n) di dalam. Tetapi setelah membaca pelan-pelan, akhirnya saya maklumi pesan itu… hehehe.

    Menurut saya, menolong hendaklah berpada-pada dengan kemampuan yang ada pada kita. Kerana ada orang bisa mengambil kesempatan dari pertolongan yang dilihatnya menguntungkan. Kemudiannya menyusahkan orang yang menolong. Sungguh kurang “ajar” dan tiak berterima kasih jika sikap demikian dilakukan setelah bantuan diberi.

    Saya tertarik dengan kisah Roy Martin di atas. Walaupun masih memakai narkoba, masih bisa menasihati orang akan bahayanya najis tersebut. Bagaimana bisa anak-anak menerima sarannya jika yang bercerita tidak sejujur yang diharapkan. memang munafiklah sifat seperti itu. Sungguh memalukan jika pihak yang menganjur mengambil selebriti yang tidak punya jati diri untuk menasihati orang lain. Astaghfirullah. Dibimbangi ramai remaja yang menuruti jalan beliau kerana selebriti punya pengaruh besar dalam jiwa remaja yang memuja mereka.

    Seperti sudah jadi trend masa kini menjemput artis-artis terlibat narkoba memberi ceramah. Di Malaysia juga demikian sama. Makanya, orang lain yang sihat dan bisa menjelaskan lebih realistik akan bahaya narkoba (dadah) kurang diberi perhatian seperti pihak yang berkenaan di bidang narkoba.

    Tidak salah menolong orang lain yang susah, kerana amalan menolong ini satu dari sifat mahmudah yang dituntut dalam Islam. Cuma, pertolongan yang bagaimana sesuai menurut kondisinya, perlu diberi perhatian sewajarnya.

    Salam hormat dari saya.😀

    Balas

    • Waalaikum salam warrahmatulahi wabbrakatuh.
      Senang tak terhingga dikunjungi kembali oleh Guru Siti Fatimah.
      Dunia kadang tak ramah dengan setiap kebaikan yaang mau kita sampaikan hingga kadang sulit bagi kita satunya kata dan perbuatan.
      Ingin hati berbuat baik, apa daya langkah kita tak berpijak dalam sistem yang menunjang keinginan baik itu.
      Jadi, tinggal menyuarakannya walaupun tak mampu kita jadi tauladan.
      Dan kita yang bisa mengambil kebaikan dari mereka, ambil sejauh yang bisa kita yakini itu benar. Seorang yang suka berbohong, toh kita bisa mempercayainya kalau yang dia katakan bisa kita buktikan, bahwa: “Air laut itu asin!” sekalipun dia pernah salah: “Madu itu rasanya asam.”
      Salam hangat selalu.

      Balas

  3. Paling ideal memang menggunakan sapu bersih. Dan Menyapu dng sapu kotor mungkin tak bersih total, tp ada usaha kearah itu ya Pak. Salam kenal dr saya🙂

    Balas

  4. Memang, kalau di situ ada sapu bersih. Masalahnya kalau sapu yang bersih itu tidak ada, toh kita bisa menggaruknya dengan sapu kotor tsb, biar tidak terlalu jorok dulu.🙂

    Balas

  5. di saat terjerembab, menolong diri sendiri adalah hal yang penting dan harus dilakukan; jika ada yang lain juga terjerembab, saling tolong semoga mempercepat bangkit dari kubangan….

    Balas

    • Posted by Anonim on Mei 17, 2012 at 9:42 am

      Iya, kita saling menolong> Kalau pun kita belum mampu menolong diri sendiri, bisalah kita bantu orang lain dengan kemampuan yang kita bisa. Siapa tahu bisa sebaliknya.
      Maaf, kelamaan responnya.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: