RW 74). Kita Tidak Harus Tahu Dulu Solusi Dari Suatu Masalah Hanya untuk Memberitahukan Bahwa Sesuatu Itu Bermasalah


Haruskah cermin ini kubawa-bawa, padahal di luar sana orang lain bisa menjadi cermin bahwa di jidat saya ada tahi cicak. (google gambar)

Haruskah cermin ini kubawa-bawa, padahal di luar sana orang lain bisa menjadi cermin ngasih tahu kalau di jidat gue ada tahi cicak. (google gambar)

Dalam banyak hal kita kerap diwanti-wanti jangan cuma tahu mengeritik tapi tidak bisa menyertakan solusi. Itu sama dengan cari-cari masalah.

Pada satu ketika saya tercenung dan mencermati benar makna dan konsekwensi dari petuah tersebut.

Apakah setiap orang yang mau menunjukkan suatu masalah, bisa dan harus tahu juga solusinya? Tanpa itu? Tanpa bisa memberikan solusi, apakah masalahnya tidak valid alias tidak ada?

Hidup ini tidak menunggu kita harus tahu dan temukan cara dapatkan makanan hanya untuk merasakan bahwa perut kita sudah lapar, lantas seorang anak misalnya perlu bersuara agar emaknya tahu.

Ketika tiba di persimpangan dari sebuah jalan yang kita lalui, apa sikap kita kalau lewat jalan itu kita sempat kena patuk ular?

Perlukah kita memberitahukan ke orang lain bahwa di jalan tadi ada masalah(ular) padahal kita sendiri belum tahu cara mengatasinya?

Atau perlu memberitahukan cari jalan lain, padahal kita tidak tahu jalan lain mana yang tidak ada ular(bermasalah)?

Ataukah kita tidak usah memberitahukan ke siapa-siapa, biar orang lain tahu rasa, sama-sama mengalaminya. Toh pengalaman lebih berharga, alias ada harga yang harus dibayar(berobat)? Hahaha, sirik nih yee?

Atau jangan-jangan kita berhadapan dengan stigma dari orang lain: buat apa mempermasalahkannya padahal kamu sendiri bermasalah, kena patuk ular itu.

Sesungguhnya dengan kita memberitahukan suatu masalah, boleh jadi berharap ada orang lain(syukur bila ahli/pawangnya) bisa mengatasi masalah itu. Atau solusinya di dapat bersama hanya karena masalahnya diketahui lebih dahulu.

Kesimpulannya: mengetahui suatu masalah itu baik, memberitahukannya adalah suatu kebaikan, temukan solusinya lebih baik lagi, bisa menerapkan solusi tersebut adalah hal yang terbaik.

Bagaimana?

By: Rahman Wahyu

4 responses to this post.

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb…

    Mengetahui sesuatu yang belum diketahui akibatnya adalah dalam pengetahuan Allah semata. Manusia hanya bisa membuat prediksi yang belum betul kemenjadiannya. Jadi perancangan A,B dan C harus ada.

    Kalau tahu ada masalah, maka jangan sengaja menempuh masalah tersebut. Jika tahu jalan itu ada ular, cari jalan lain yang tidak ada ular. tapi apakah bisa kita ketahui jalan lain juga tidak ada ular. lalu solusinya, jangan keluar rumah lho…hehehe. Tinggal di rumah sahaja dan biar orang lain yang melakukannya… hehehe.

    Salam mesra dari saya.😀

    Balas

    • Kalau di saya mbak, tahu ada masalah pengen dekati dari dekat. Biar tahu bisa tidak mengatasinya, sisanya serahkan pada yang ahlinya.
      Kalau tidak sampai ke luar rumah, mana bisa sampai ke tanah suci sana mbak?🙂
      Salam hangat selalu.

      Balas

    • Assalamualaikum wr.wb saya sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada AKI SUBALA JATI..atas bantuan AKI kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan..sudah lama saya ikut kerja dikebun kelapa sawit dimalaysia dan gaji tidak seberapa..dan berkat bantuan AKI SUBALA JATI pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu..6734..dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih ya AKI..karna saya cuma bermodalkan uang cuma 100 rb dan akhirnya saya menang..berkat angka GHOIB nya AKI SUBALA JATI..saya ada rencana pulang ke indonesia buka usaha sendiri..dan kini kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya..bagi anda yang ingin mengikuti jejak saya silahkan hubungi..082..318..816..444..AKI SUBALA JATI..ramalan AKI SUBALA JATI meman memiliki ramalan GHOIB..yang dijamin 100% tembus ini asli tampah rekayasa..dan yang punya room terima kasih atas tumpangannya..

      Balas

  2. saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH,kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KARMOJO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 8836 dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 rb dan akhirnya saya bisa menang dan berkat angka dari MBAH KARMOJO saya sudah bisa melanjutkan kuliah saya lagi yang sudah 2 tahun menganggur dan kini kehidupan keluarga saya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARMOJO di 0823-2825-4444 ramalan MBAH KARMOJO memang memiliki ramalan “GHOIB” yang sangat tepat dan terbukti.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: