RW 48. “BIAR CUMA SEBUAH CORETAN”


November mau lewat. Satu tulisan pun belum sempat tergores. Sayang kalau sebulan tanpa coretan apa-apa. Jadi cari saja bahan yang terlintas di kepala dan jadilkan itu sebuah postingan bulan ini. Siipp, bukan?
Kemarin itu saya terhenjak prihatin. Ada kejadian mengenaskan di kota kami. Ditemukan seonggok daging mayat polisi korban mutilasi di sebuah jalan depan emperan pertokoan.

Sadis memang. Seorang aparat penegak hukum sampai diakhiri hidupnya dengan cara sekejam itu. Terlepas dari motif penyebabnya seperti apa, tetapi memvonis hidup korban dengan cara seperti itu ikut pula menjatuhkan wibawa polisi sebagai penegak hukum.
Di tengah ketidakpercayaan kita kepada institusi kepolisian, sesungguhnya kita masih perlu menjaga atau setidaknya menyelamatkan korps kepolisian sebagai lembaga yang dibutuhkan fungsi dan perannya. Polisi dipecundangi sama halnya mempecundangi hak kita untuk mendapatkan pegayoman dari mereka. Polisi sebagai penjaga sekaligus penyangga rasa aman dan tentram dalam hidup bermasyarakat.
Coba bayangkan ! Tanpa polisi kita bisa apa kalau sampai mengalami ketidakadilan akibat kejahatan. Kita atau sanak famili kita menjadi korban tanpa bisa melaporkan kejadiannya kepada pihak yang berwajib. Itu karena kewajiban mereka harus ditopang oleh kedigdayaan wibawa dan martabat yang melekat dalam diri mereka. Dan sebuah kejadian kriminal tadi telah merontokkan kewibawaan tersebut.
Di kotaku telah jatuh korban seorang polisi !
Innalilahi Wa Ina Ilaihi Rojiun

4 responses to this post.

  1. astagfirullah, kejamnya. sampai saat ini saya masih ndak habis pikir lho. gimana ya perasaannya itu org2 yg lagi ngiris2 korbannya. apa ya ndak ada perasaan ngeri atau bersalah gitu ya?

    Balas

  2. Terima kasih atas komentarnya. Sayang ruang Ronny di wordpress dan kompasiana tak ada perkembangan untuk saya komentari ya?
    Salam !

    Balas

  3. waww…. ngeri juga ya..

    Balas

  4. Seberapa ngerinya Tyas, trims mau mampir ke sini.
    Salam !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: