RW 34. Persepsi * 5 : Anda(i) Pada Sebuah Sistem yang Korup


. .Pernahkah kita berempati: seandainya kita berada pada posisi orang yang melakukan korupsi(dst baca melanggar hukum); apakah kita tidak akan melakukan hal yang sama? Pasti tidak! Kita coba membantah teori itu (padahal cuma tanya) dengan alasan bahwa setiap orang berbeda. Sekalipun dalam sistem yang cenderung korup? Sekalipun! Karena, (prinsip yang klise) semuanya tergantung pada pribadi masing2.
. .Lalu setelah kembali pada pribadi masing2, yang korup tetap korup; yang berganti, korup lagi; terus diganti dengan yang korup hanya belum melakukannya; atau gantian lagi orang yang korup hanya belum ketahuan; setelah terbongkar tidak cukup bukti; setelah cukup bukti, tidak ada kemauan hukum yang kuat untuk menyeretnya.

. .A ha, ternyata masih ada dua orang yang tidak korup. Sayang sekali, orang yang satu janji tidak akan melakukan korupsi hanya seandainya posisi itu kalau diberikan padanya (entah setelah itu), satunya lagi benar2 tidak akan melakukan korupsi, sayang seribu sayang; orang itu tidak punya akses bisa ke posisi itu (tidak memenuhi syarat).
. .Saya punya teman, dengan sesumbar malah berkata jujur: seandainya saya berada pada posisi orang yang korup itu, bisa jadi ada tiga kemungkinan.
. .Kemungkinan pertama? Andai moral saya sama betul dengan orang itu, dalam sistem(kesempatan) yang sama, saya pasti akan melakukan hal yang sama (korupsi/ tetap baca melanggar hukum), bahkan persis pada waktu yang sama. Di sinilah sesumbarnya.
. .Kemungkinan kedua? Andai moral saya lebih buruk dari orang itu, dalam sistem yang sama , saya pasti akan melakukan hal yang sama(korupsi) lebih cepat dari dia (yang ini jujurnya).
. .Kemungkinan ketiga? Seandainya moral saya agak mendingan dari dia, dalam sistem yang sama; saya hanya terlambat dari dia melakukannya(beberapa lama kemudian).
. .A ha, DICARI ORANG KEEMPAT ! Yang tidak akan korup dalam sistem yang cenderung korup.
. .Anda termasuk yang mana?!

Di ambil dari Kompasiana
By : Rahman Wahyu

Tinggalkan Balasan

